Rabu, 23 Desember 2015

Dimana Tugu Ratik Togak?

Jika anda berkunjung ke Kabupaten Rokan Hulu, khususnya kota Pasir Pengaraian, anda akan melihat berbagai macam keindahan kabupaten. Penataan tata letak kota yang sangat indah ini membuat penduduk kabupaten Rokan Hulu merasa nyaman. Selain Dari itu jika anda mendengar Kabupaten Rokan Hulu yang terletak di Provinsi Riau, pasti yang terlintas di benak kita adalah sebuah kabupaten terpencil. Meskipun Kabupaten Rokan Hulu merupakan salah satu Kabupaten Terpencil di Provinsi Riau (yaitu berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara), namun Kabupaten ini memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh kabupaten atau kota lainnya.

Masjid Madani Islamic Center Pasir Pengaraian merupakan salah satu bangunan megah dan mewah yang ada di Kabupaten Rokan Hulu. Masjid ini merupakan Masjid terbesar keempat di Indonesia. Hal ini di sampaikan oleh Bupati Rokan Hulu, yaitu H. Drs. Achmad, M. Si. Namun untuk wilayah Provinsi Riau, Masjid Madani Islamic Center Pasir Pengaraian merupakan Masjid terbesar dan termegah nomor satu. Sehingga masjid Madani Islamic Center Pasir Pengaraian ini selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung-pengunjung yang berasal dari berbagai macam daerah, baik dari Provinsi Riau maupun dari Provinsi lainnya.

Namun yang perlu kita perhatikan adalah ketika kita berkunjung ke Kabupaten Rokan Hulu, kita akan melihat sebuah tugu megah dan indah yang berada di bundaran lokasi pemerintah daerah Kabupaten Rokan Hulu. Tugu cantik ini disebut sebagai Tugu Ratik Togak yang berdiri megah di simpang empat Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu. Tugu ini mejadi simbol berdirinya Kabupaten Rokan Hulu. Tugu Ratik Togak terdiri dari lima tugu megah yang dirangkai menggunakan rantai pada bagian atasnya. Kelima tugu ini merupakan simbol Lima Luhak yang mengawali pembentukan Kabupaten Rokan Hulu. Kelima luhak tersebut adalah Luhak Rambah, Luhak Rokan IV Koto, Luhak Kepenuhan, Luhak Tambusai dan Luhak Kunto Darussalam.

Sekarang dengan berdirinya Tugu Ratik Togak tersebut akan menambah wawasa pengetahuan bagi para pengunjung terutama penduduk Kabupaten Rokan Hulu tentang sejarah terbentuknya Kabupaten Rokan Hulu. Sedangkan disekitar bangunan Tugu Ratik Togak, juga terdapat beberapa bangunan penting lainnya seperti Masjid Madani Islamic Center Pasir Pengaraian yang merupakan pusat semua kegiatan agama islam di Kabupaten Rokan Hulu, Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu, Gedung Astaka dan Tribun MTQ, Gedung Daerah Kabupaten Rokan Hulu dan Sapadia Hotel yang merupakan Hotel termegah di Kabupaten Rokan Hulu. Dengan demikian Tugu Ratik Togak berada di tempat yang sangat strategis di Kota Pasir Pengaraian. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar